FUNGSI dari DJI Mavic 2 Thermal Kamera

Seri DJI Mavic 2 terus berkembang dengan Mavic 2 Enterprise Dual yang baru saja diumumkan. Edisi pertama dari perusahaan drone dirilis pada bulan Oktober awal tahun ini dan telah menerima upgrade muatan yang menarik – yang terkecil, dual-sensor, 4k dan thermal microcamera dari FLIR. Mulai hari ini, Mavic 2 Enterprise Dual tersedia untuk dibeli melalui reseller resmi DJI Enterprise di seluruh dunia dengan harga ritel $ 2,699 USD atau sekitar 39 juta rupiah. The Mavic 2 Enterprise Dual, dinamakan untuk kamera dual-sensornya, adalah drone industri portabel untuk keselamatan publik dan operasi pemeriksaan. Dilengkapi dengan kamera visual dan termal sisi-by-side yang kuat yang akan memberikan pilot komersial alat yang andal untuk beroperasi lebih baik, lebih aman, dan lebih cepat dalam lingkungan yang menantang.

Mavic 2 Enterprise Dual

sebelum membahas lebih lanjut

Apa itu Thermal Kamera?

Thermal Imaging adalah salah satu metode pendeteksian yang meningkatkan visibilitas objek dalam gelap dengan mendeteksi radiasi inframerah dari benda dan menciptakan gambar berdasarkan informasi tersebut.Thermal Imaging, Infrared dan Low-Light Imaging adalah tiga teknologi yang paling sering dipakai dalam penggunaan night vision. Berbeda dengan dua metode lainnya, thermal imaging bekerja di lingkungan tanpa cahaya. Seperti near-infrared illumination, thermal imaging dapat menembus benda-benda gas seperti asap dan kabut.
Cara kerja thermal imaging adalah semua benda memancarkan energi inframerah (panas) sebagai fungsi temperature. Energi inframerah yang dipancarkan oleh sebuah objek yang dikenal sebagai heat-imaging. Secara umum, semakin panas objek maka radiasi akan semakin terang. Sebuah kamera imaginer thermal pada dasarnya adalah sebuah sensor suhu yang mampu mendeteksi perbedaan suhu sampai sekecil apapun. Perangkat mengumpulkan radiasi infra merah dari objek dan menciptakan sebuah gambar elektronik berdasarkan informasi tentang perbedaan suhu. Karena suhu setiap benda berbeda dengan yang lainnya, kamera thermal dapat mendeteksi panas dan mereka akan muncul sebagai gambar yang berbeda dalam thermal.
Gambar termal di alam pun bervariasi, benda yang dingin digambarkan dengan warna hitam kemudian warna putih menggambarkan benda yang panas atau merah juga bisa tergantung dari suhu. Untuk kedalaman biasanya berwarna abu-abu. Berberapa kamera termal pun dapat menambah warna gambar sehingga dapat membantu pengguna dalam mengindentifikasikan objek pada temperatur yang berbeda.
Salah satu benda thermal imaging yang ada adalahThermal Imager IR Temperaturemilik micro-epsilon, IR sensor suhu termometer menggabungkan seni dengan teknologi untuk mencapai satu tujuan: Mengukur suhu non contact (tidak menempel pada media apapun) secara akurat. Dengan menggunakan metode ini, termometer infrared dapat digunakan untuk mengukur suhu secara akurat, mudah digunakan dan tidak ada efek fisik atau dampak pada target pengukuran. IR sensor suhu dan kamera IR digunakan dalam berbagai aplikasi dalam industri apapun dari untuk produksi sampai pemantauan proses.
Image result for dji mavic 2 thermal

Mavic 2 Enterprise Dual dilengkapi kamera tiga-sumbu yang distabilkan gimbal yang menyematkan sensor 4K sisi-oleh-sisi untuk menangkap cahaya tampak dan FLIR Lepton® thermal microcamera untuk menangkap data termal. Sensor ini memungkinkan pilot melakukan penerbangan di malam hari, serta terbang dalam kondisi siang hari yang kompleks seperti kabut dan asap.

GUNUNG AKSESORIS MODULAR UNTUK MAVIC 2 ENTERPRISE DUAL Seperti yang pertama kali kita lihat dengan Enterprise Mavic 2, Mavic 2 Enterprise Dual dapat disesuaikan dengan aksesoris modular yang dipasang ke tubuh drone dan dioperasikan melalui aplikasi kontrol penerbangan DJI Pilot. Aksesori yang kompatibel termasuk:

Spotlight – Sorotan ganda dengan kecerahan 2.400 lumens membantu operator dalam menjalankan misi di daerah gelap atau rendah cahaya. Spotlight sangat ideal untuk pencarian dan penyelamatan serta aplikasi inspeksi.Pembicara –

Pengeras suara dengan proyeksi maksimum 100 desibel (jarak 1 meter) memungkinkan pilot memainkan hingga 10 rekaman suara sesuai permintaan, menyediakan saluran komunikasi ke individu terdekat yang dapat menjadi penting selama operasi darurat penyelamatan nyawa.

Beacon – Dirancang dengan standar Pengabaian Malam Federal Aviation Administration (FAA) dalam pikiran, Beacon M2E menampilkan strobo berkedip terang yang terlihat tiga mil jauhnya. Ini membantu pilot melakukan misi dalam kondisi cahaya rendah atau di malam hari dengan jauh lebih aman, dan memberikan kesadaran ruang udara tambahan untuk operator drone terdekat dan pesawat tradisional.

LEBIH GILANYA LAGI MAVIC 2 FITUR DAN SPESIFIKASI ENTERPRISE Mavic 2 Enterprise Dual mencakup fitur yang sama seperti Mavic 2 Enterprise, termasuk:

24 GB penyimpanan data onboard dan perlindungan kata sandi, menciptakan akuntabilitas untuk semua akses ke fungsi drone dan data yang disimpanFitur timestamping GPS

mengkodekan waktu, tanggal, dan lokasi setiap gambar yang direkam yang diambil oleh kamera visualFitur Mode Data Lokal dalam Aplikasi Percontohan DJI yang, ketika diaktifkan, akan menghentikan perangkat seluler yang terhubung pengguna untuk mengirim atau menerima data apa pun melalui internetTeknologi AirSense DJI untuk membantu memastikan drone tetap menjadi tambahan yang aman di langit.

AirSense meningkatkan kesadaran situasi pilot dan meningkatkan keamanan ruang udara dengan secara otomatis memperingatkan pilot pesawat tak berawak sinyal ADS-B dari pesawat dan helikopter terdekat dan dengan mengirimkan pemberitahuan posisi real-time melalui aplikasi kontrol penerbangan DJI Pilot.Resolusi video 4K dengan Ocusync 2.0,

sistem transmisi data dan transmisi DJI yang paling canggih, menyediakan koneksi yang lebih stabil antara drone dan pengendali jarak jauhnya, bahkan di lingkungan dengan interferensi elektromagnetik tinggi seperti area perkotaan.Baterai pemanasan sendiri yang memungkinkan drone berfungsi dengan baik dalam kondisi cuaca buruk serendah -10 Celcius (14 Fahrenheit).

Waktu terbang maksimal 31 menit dan kecepatan tertinggi 72 kilometer per jam (45 mph) dimungkinkan oleh motor penggerak FOC DJI yang dikombinasikan dengan baling-baling yang efisien untuk penerbangan yang lebih tenang dan lebih efisien.

Image result for dji mavic 2 thermal
tampilan layar Thermal kamera
Image result for dji mavic 2 thermal
seri DJI Mavic 2 enterprize thermal kamera
Image result for zenmuse xt 2
zenmuse XT2 adalah seri DJI sebelumnya yang sudah mengeluarkan Thermal Kamera

bagaimana fungsinya? menarik bukan, ikuti ulasan selanjutnya ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *